Kabar gembira hadir untuk content creators! Itu adalah salah satu kabar terbaru yang disampaikan kak Jemmy di #KopdarIndoBrave Kamis lalu. Lalu, apa kabar gembiranya dan apa kabar terbaru lainnya dari peramban Brave? Sila disimak. ūüôā

#KopdarIndoBrave November 2017

KopdarIndoBrave kali ini dilaksanakan di Food Park, Grand Galaxy Park pada 23 November lalu. Kopdar dimulai sekitar pukul 19:00 dan dipandu oleh kak Jemmy. Dan seperti biasa, kopdar dimulai dengan perkenalan dari peserta yang hadir kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video This Is Brave dengan teks bahasa Indonesia–videonya bisa dilihat di sini— dan pengenalan tentang peramban Brave.

Buat kalian yang belum tahu, salah satu fitur Brave adalah pemblokir iklan (adblocker) yang dibangun langsung ke dalam perambannya–built-in adblocker. Hal ini membuat pengguna Brave dapat melihat situs-situs favorit mereka tanpa iklan–yang menggangu–sekaligus terlindungi dari iklan jahat yang membahayakan privasi pengguna. Untuk info lebih lanjut, kalian bisa mempelajarinya di brave.com.

$BAT untuk Content Creators

Selanjutnya, kak Jemmy menyampaikan mengenai informasi terbaru dari peramban Brave. Seperti yang sudah saya singgung di atas, salah satu kabar terbarunya adalah¬†perluasan BAT ke YouTube. Inilah kabar gembiranya untuk content creators! Dengan perluasan ini, pengguna Brave dapat “menghadiahkan” BAT ke content creators yang memiliki kanal YouTube.

Sebelumnya, pengguna Brave melalui sistem Brave Payments hanya bisa berkontribusi ke pemilik situs dan dengan perluasan ini, kini pengguna Brave juga dapat mendukung pembuat konten favorit mereka. Dan pembuat konten bisa memverifikasi kanal YouTube mereka melalui publishers.basicattentiontoken.org. Untuk ke depannya, perluasan ini juga akan merambah ke platform lain seperti Twitch. Jika kalian adalah content creators pelajari caranya agar kalian bisa me-monetize kanal YouTube kalian.

Kabar Terbaru dari Brave

Selain perluasan BAT ke YouTube, peramban Brave juga memiliki beberapa pembaruan lain sejak kopdar bulan lalu. Di antaranya, untuk Brave di laptop/desktop Brave menambahkan pemeriksa ejaan–spell checker–multibahasa yang bisa disetel melalui Pengaturan > Umum.

Sedangkan untuk Brave untuk iOS, di versi terbaru Brave mendukung iPhone X, menambahkan fitur penguncian peramban menggunakan PIN serta perbaikan dan peningkatan kinerja. Dan untuk Brave untuk Android, pembaruannya meliputi perbaikan dan peningkatan Chromium.

Selain itu, beberapa waktu lalu Brave juga mengumumkan bahwa Brave untuk Android sudah mencapai lebih dari 1 juta unduhan. Selamat! Dan Brave juga memberikan kiat-kiat untuk mempermudah pengguna menggunakan Brave di ponsel–Android atau iOS– mereka.

Kegiatan Brave Indonesia

Selanjutnya, kak Jemmy juga menginformasikan mengenai kegiatan dari IndoBrave ke depannya. Salah satu yang paling dekat adalah kopdar yang akan diadakan pada Desember mendatang dan rencana mengenai kegiatan Brave Goes to School di tahun 2018. Untuk mengetahui info terbaru dari IndoBrave, kalian bisa mengikuti IndoBrave di media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram dan bergabung di Meetup.com. Sampai bertemu di kegiatan Brave Indonesia selanjutnya! Jangan lupa untuk #BeBrave. ūüôā